Sensasi mendaki Gunung Gede Pangrango via Cibodas



Yaap, mungkin ini gunung yang udah ga asing lagi kita dengar, dan mungkin hampir setiap pendaki yang berdomisili di Jawa Barat pernah mendaki di gunung ini. Gunung yang berada di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) seacara administratif berada di wilayah 3 kabupaten yakni kabupaten Bogor, Cianjur dan Sukabumi merupakan salah satu gunung favorit para pendaki, disamping pemandangan yang benar-benar indah dan top abis, dan hutan tropis yang lebat yang membuat jalur pendakian jadi lebih seru karena bisa merasakan sensai hutan liar, gunung ini juga menyimpan air yang berlimpah. Jadi ga usah berat-berat atau susah-susah bawa air banyak dari bawah.

Ada beberapa jalur pendakian untuk sampai ke puncak gunung gede, ada via cibodas dan gunung putri. Masing-masing jalur memiliki keseruannya sendiri, via cibodas kita bisa merasakan sensasi melewati jurang air terjun, jadi lewat sisi-sisi tebing dan di jamin seru abis, dan kalau via gunung putri asiknya bisa langsung sampai ke alun-alun surya kencana. Kedua jalur itu di jamin seru deh dan sama-sama cape yang jelas. Hehe

Kali ini saya akan bahas jalur pendakian via cibodas yaaa. Oke, untuk para pendaki dari Jakarta atau Depok dan sekitarnyaa. Untuk menuju TNGGP bisa salah satunya bisa melalui bus di terminal kampung Rambutan, atau terminal lain yang ada bus jurusan Cibodasnya bukan Ciseeng apalagi Cimeong, hahaha Setelah turun dari bus, di area cibodas. Bisa sewa angkot untuk menuju basecamp TNGGP atau warung-warung area sekitar jalur pendakian. Lumayan bisa ngisi perut sebelum pendakian di mulai. Oiyaa, pendaftaran untuk mendaki TNGGP bisa via websitenya yaa.

Pendakian via Cibodas untuk mencapai tempat untuk nge-camp nya (kandang badak) bisa di tempuh sekitar 6-8 jam. Jalurnya lumayan panjang dan dijamin sepanjang jalan pasti nanya orang “bang, kira-kira masih jauh ga?”, biasanya jawaban orangnya “paling sebentar lagi bang”, daaaan ternyata masih jauh men, hahaha. Tapi hal-hal kaya gitu yang kadang bisa bikin ngakak klo di ingat lagi. Setelah tiba di kandang badak biasanya udah ramai pendaki. Di kandang badak sendiri terdapat kamar mandi nya, lumayan kaaan buat yang mules-mules, dan kamar mandinya menurut saya cukup bersih untuk ukuran di atas gunung. Di samping itu juga, ada yang jualan di sana, jadi klo yang iseng mau makan gorengan atau jajanan bisa jajan di sana. Jangan lupa beli tempe goreng dingin, dijamin ngerasain sensasi makan genteng, hahaha (pengalaman pribadi, keras men tempenya nguyah sampe kepala pusing).

Hal yang paling miris ketika sampai di kandang badak adalah banyak banget sampahnyaaaa, banyak sampah yang ditinggal gitu aja. Untuk para pendaki usahakan dan harus di bawa turun lagi ya sampahnya, karena kita ga mau kan gunung indah yang pernah kita daki penuh sampah. Sudah sewajarnya kita jaga lingkungan kita. Yuuuk kalau bukan kita siapa lagi.

Setelah nge-camp semalam di kandang badak, biasanya pas jam 3 pagi, banyak rombongan yang summit attack, biasanya si untuk ngejar sunrise. Naaaah, jangan lupa karena biasanya sebagian peralatan di tinggal di dalam tenda, baiknya tenda di kunci yaa (bawa gembok kecil) sekedar buat jaga-jaga aja, karena ga mau kaan selesai summit tenda kita udah bersih (diangkut orang).

Setelah menempuh perjalanan sekitar 2 jam dari kandang badak, akhirnya sampai juga di puncak gunung gede. Waaah, pemandangannya mantap abis, dan ga berenti-berenti bersyukur. Dari puncak gede terlihat jelas puncak pangrango yang dipenuhi pohon lebat. Ini beberapa foto dari puncak gede yang saya ambil pada bulan Mei 2015 kemarin.


sunrise nya cakep banget


view puncak pangrango dari puncak gede, menggoda banget yaa. hehe

gaya andalan

meratapi hidup

Kereeen kaaan, Indah banget pokoknyaaa. Ini salah satu gunung favorit, karena tracknya yang cenderung tidak terjal. Nah, selanjutnya bagi yang mau turun ke alun-alun surya kencana, bisa ditempuh dengan waktu sekitar 30 menit untuk turun. Di jamin alun-alun surya kencana indaaaaah banget, banyak edelwisnya jugaaa tapi jangan di petik yaaa edelwisnyaaa. Ini beberapa foto alun-alun surya kencanaa


lagi seneng ceritanya :p

yang pake kaca mata ghazi namanya bukan kang urut. haha


Ajib yaaaa, lebih ajib lagi kalau nge-camp di sini. Naah, itu dia sedikit informasi untuk pendakian Gunung Gede, buat teman-teman yang mau ke sini di sarankan bawa peralatan yang cukup dan kondisi fisik yang oke yaa, karena kita ga pernah tau apa yang bakal terjadi di alam. Dan satu lagi, sampahnya di bawa turun yaaaaa :)

4 komentar:

  1. Gunung gede walaupun mainstream tp view nya emang gak ngebosenin :)

    Watch box office

    BalasHapus
  2. Bang template blog nya keren hehehe.. ngomongin Gede udah lama banget pernah naik ke sana, 2013 kalo gak salah tapi gak sempet ke Surken. nyesel bgt mau naik kesana lagi bablas semuanya..
    btw ane buat artikel tentang pendakian gunung gede pangrango, mampir ya gan jangan lupa koreksi jika ada kesalahan info makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih bro. Hehe
      Wah sayang bgt klo ga ke surkennya, mungkin di siruh balik lg ke sana.
      Lewat gunung Putri aja bro, langsung smp ke surken & ga semenyiksa lewat cibodas. Hehe
      Siap bro nnt sya mampir ke blognya :)

      Hapus
  3. Om ijin pake photo nya yah di
    jalangunung.com

    BalasHapus