Gunung Munara, The Hidden Paradise


Nah naah, mungkin belakangan ini ada beberapa gunung yang lagi hits banget ni, yang lokasinya ga jauh dari ibu kota. Yaapp, salah satunya yaitu gunung munara, lokasinya yang berada di rumpin bogor membuat gunung ini menjadi salah satu alternatif wisata yang mudah dijangkau dari ibu kota.

 Gunung munara sendiri sebenernya bentuknya lebih menyerupai bukit yang tidak terlalu tinggi dan sangat cocok bagi wisatawan yang ingin merasakan sensasi fun hiking. Gunung munara menurut saya sangat cocok untuk pendaki pemula karena jalurnya yang landai dan tidak terlalu sulit untuk dilalui. Saya sendiri sudah sekitar 9 kali ke sini (banyak yaaaaa, hehe maklum deket rumah yang di Ciseeng) dari yang belum terkenal dan sepi sampai seperti sekarang yang ramai. Saran saya kalau ingin menikmati suasana alamnya usahakan datang ketika weekday karena gunungnya sepi, kalau weekend dijamin rame banget.

 Bagi yang ingin ke gunung munara, terlebih lagi dari jakarta maupun depok dan sekitarnya, bisa menggunakan angkutan umum ataupun kendaraan pribadi (saya lebih menganjurkan kendaraan pribadi, karena angkot cenderung jarang yang lewat kalau mau ke arah gunungnya).

Pertama untuk mencapai gunung munara bisa lewat parung bogor, kemudian setelah sampai ke parung ambil jalan ke arah ciseeng dan kemudian lurus terus ke arah rumpin. Setelah itu (ketemu pertigaan SD Rumpin) ambil arah ke kanan dan terus ikuti jalan, nanti pintu masuknya ada di sebelah kiri. Ada tulisannya koook.

Untuk tiket masuk dipungut Rp 5rb perorang dan parkir kendaraan untuk motor Rp 5rb, murah kaaan? Dan di sini juga gaa usah takut kalau mules-mules lucu :p karena banyak toiletnya sekarang. Daaan kalau sedang mendaki tetiba lapar dan jadi ga asik alias rusuh kalo lapar. Haha di sini juga banyak yang jualan kooo, tenang aja.

Naaah, untuk menuju puncak gunung munara bisa ditempuh dengan waktu 1-1 1/2 jam, deket kooo (ga cape-cape banget. Hehe), tapi sebelum lanjut terus ke puncak munara, saya saranin buat mampir dulu ke Batu belah, karena di situ kita bisa foto-foto. Pesan saya hati-hati yaa ketika naik ke atas batu belahnya, karena tracknya lumayan ekstrim dan licin terlebih lagi kalau dalam kondisi basah dan hujan. Ini salah satu foto tracknya:




Lumayan serem kaaan, aslinya lebih serem lagi deh. Makanya keep safety yaa, kalau takut mending ga usah naik, foto-foto di puncak munara ajaa, lebih aman dan dijamin lebih keren lagi viewnyaaaa. Nah ini salah satu foto di atas batu belah




Setelah dari batu belah kita bisa ke batu azan ataupun ke puncak munara, dan kedua lokasi tersebut pun saling berdekatan. Untuk ke puncak munara sekitar 15 menit dari batu belah dan untuk ke batu azan sekitar 10 menit. Untuk ke batu azan baiknya tanya pedagang sekitar karena jalurnya jarang dilalui orang dan ketutup bebatuan jadi agak susah di cari. Ini salah satu foto di batu azan.



 Selanjutnya dari batu azan kita bisa lanjut ke puncak munaranyaa, dan ini salah satu view dari puncaknyaaa, asoy yaaaaaa, indah jugaaa. Dan kadang kalau kita melihat ke arah selatan dan cuaca sedang cerah, gedung perkantoran daerah jaksel bisa keliatan.






Naah itu dia beberapa foto dari puncak munara, seru yaaa. Lumayan buat yang butuh hiburan deket ibu kota, nenangin pikiran sejenak sambil piknik ceria bareng temen atau gebetan (kalo ada :p ), pesan saya kalau mau piknik dan masak sendiri usahakan cari tempat yang cenderung ramai dan cukup terbuka yaa karena di sini masih banyak monyet liar, jadi takut di kerubutin monyetnyaa (pengalaman untung ga diserang karena buru-buru beres-beres dan kabur) kalo di kerubutin cewe si enak ya coy, wahaha. Okeeee, sekian dulu bahasan mengenai Gunung Munara, Happy Fun Hiking & jangan lupa bahagia J

1 komentar: