Setu Sawangan, Sudut Indah Kota Depok

pemadangan pagi di Setu Sawangan

Berjarak kurang lebih 10 km dari jantung kota Depok, tepatnya di sawangan lama terdapat salah satu danau yang amat memenjakan mata. Lokasi danau yang mudah di temui ini yang berada antara sawangan dan bojong sari ini kerap dijadikan tempat bersepeda, jongging, maupun memancing. Lingkungan yang cukup asri dan di banyaknya pepohonan rindang membuat suasana sangat teduh dan sejuk meski matahari kian meninggi. Hembusan angin yang menyejukkan di tambah pemandangan yang sangat indah membuat kita ingin berlama-lama.

Gunung salak sedikit tertutup awan
Gunung Salak berbalut lapangan Golf
Salah satu hal menarik dari danau ini yakni pemandangan gunung salak yang terlihat jelas di arah selatan yang di balut padang lapangan golf yang begitu hijau. Jika cuaca cukup cerah, gunung Gede Pangrango pun cukup terlihat jelas dari kejauhan.

sapi warga di tepian setu sawangan
Di sisi lain danau ini juga terkadang di temui sapi-sapi warga yang sengaja di lepas untuk merumput pada sore hari.

berenang di setu sawangan
anak-anak biasanya berengan di pagi hari saat libur sekolah
Anak-anak yang tinggal di seputaran setu sawangan pada saat weekend tiba kerap kali memancing maupun berenang di pinggiran danau. Pada pagi hari biasanya juga dapat di temui warga yang mencari ikan dengan cara menjala ikan menggunakan rakit atau getek. Bisa di bilang air danau sangat jernih dan terjaga keasriannya, karena hampir tidak di temui warga yang membuat limbah rumah di danau, dan juga jumlah tambak ikan yang amat sedikit membuat air terus terjaga kebersihannya.

menebar jala
Biasanya pemandangan ini dapat dijumpai pagi atau sore hari
Saat terbaik untuk menikmati setu sawangan yakni pada pagi dan sore hari. Gunung Salak cukup terlihat jelas jika cuaca sedang cerah, berkisar antara pukul setengah 8 pagi hingga pukul 10 pagi, jika lebih dari itu biasanya Gunung Salak mulai tertutup awan. Pemandangan sore pun tak kalah indahnya, jika langit sedang jingga pantulan warna oranye dari langit yang terpantul melalui air danau begitu indah di lihat. Sering kali gunung Salak kembali muncul ketika pukul setengah 4 sore hingga pukul 5 sore.

menjelang senja
Asri, alami serta sangat bersihnya area danau ini membuat kelestariannya terus terjaga dari tahun ke tahun. Semoga setu sawangan dapat menjadi contoh yang baik bagi destinasi lain agar dapat menumbuhkan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan hidup kita.

bersih, asri dan alami

Itinerary
  • Untuk menuju Setu sawangan bisa di tempuh dengan kendaran pribadi maupun umum, lokasinya di jalan Abdul Wahab ke arah gang enam. Jalan masuknya berada di sebelah kiri dari arah depok.
  • Jika menaiki kendaraan umum dari arah depok, bisa menggunakan angkot 03 berhenti di depan jalan Abdul wahab, dan meneruskan dengan angkot D25 atau D28.
  • Lingkungan yang cukup asri, alami dan sangat bersih harap terus di jaga ketika berkunjung ke sana.
  • Membuang sampah pada tempatnya merupakan suatu keharusan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar