Potret Kehidupan anak-anak di pelabuhan Sunda Kelapa



Sore baru saja tiba di utara Jakarta yang cukup terik, pukul menunjukan jam 16.30 sore, tak terasa sudah hampir seharian saya dan 2 orang teman berkeliling wilayah Pecinan Jakarta, Glodok, dan kawasan kota tua. Sang mentari perlahan lengser di langit sore yang cerah, deru angin membawa udara kering berbau garam, tak ketinggalan suara-suara kapal nelayan pun menyambut kedatangan kami.

Pelabuhan Sunda Kelapa, merupakan destinasi kami untuk mengakhiri wisata kota di hari yang cukup cerah. Pelabuhan yang sudah ada sejak abad ke 5 di bawah kerajaan Tarumanegara, kemudian berpindah tangan di bawah kepemilikan kerajaan Sunda di sekitar abad ke 12. Pada masa kepemilikan Kerajaan Sunda inilah pelabuhan Sunda kelapa mengalami masa jaya nya dan pelabuhan ini pula lah cikal bakal terbentuknya kota Jakarta.

Perlahan saya berjalan, suara teriakan riuh pun perlahan terdengar dari kejauhan, rupanya suara anak-anak nelayan serta anak warga seputaran pelabuhan. Sudah sejak lama pada setiap sore di akhir pekan para gerombolan anak-anak itu bermain di perahu-perahu pengangkut barang dan berenang di bibir laut.





Sejenak saya sedikit takut dan takjub, bagaimana tidak, anak-anak tersebut melompat dari dek dan atap kapal yang amat tinggi. Melompat tanpa ragu, bak sudah sangat lihai ketika tubuh mereka terhempas di udara dan mendarat sangat apik di laut. Air laut yang terlihat kehitaman seolah tidak mereka pungkiri, hanya tuk sejenak bermain dan mengejar kebahagiaan yang amat sederhana.






Apartemen yang persis berada tak jauh dari muka laut, serta tembok beton besar yang mengahalanginya menjadi pembatas, seolah di balik itu ada dunia yang berbeda. Cukup kontras jika diperhatikan secara saksama, namun jika melihat riuh dan bahagianya anak-anak ini seolah hal tersebut hanya angin lalu saja.




Perjalanan sederhana yang saya tempuh ini tak bisa di pungkiri mengajarkan saya bahwasanya sang Pencipta memang zat yang maha adil. Hanya sekedar bermain di tepian laut dan kapal-kapal yang sudah cukup berumur para anak-anak ini terlihat begitu bahagia. Berenang, melompat, mungkin suatu hal sederhana di mata kita. Namun kadang-kadang kita kurang menyadari, hal-hal sederhanalah yang membuat kita bahagia.

foto-foto anak-anak sunda kelapa :





Tidak ada komentar:

Posting Komentar